Anak Tak Mau Makan Karena Sariawan? Jangan Panik, Coba Cara Ini

Ketika Anak sakit sering kali orang tua merasa bingung dan panik untuk mencari cara mengobatinya. Diantara berbagai jenis penyakit yang sering menyerang anak-anak, sariawan merupakan penyakit yang cukup rumit untuk diatasi. Masalahnya, anak sering kali mengalami kesulitan makan dan bahkan tidak mau beraktivitas seperti biasanya yang membuat kebanyakan orang tua panik. 

Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan kepada anak yang mengalami kondisi sariawan Anda perlu tahu jenis makanan yang harus dikonsumsi. Bahkan, Anda perlu mempelajari apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak yang menjadi lebih murung Ketika sariawan. 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

1. Berikan waktu lebih lama pada anak untuk beristirahat

Kebanyakan orang tua tidak begitu memperhatikan perkembangan pada anak Ketika sedang sakit. Di saat anak mengalami sariawan, tubuhnya akan mengalami penurunan imun dan menjadi lebih lemas. Jika hal ini terjadi, Anda hanya perlu memberikannya waktu lebih lama untuk beristirahat. Hal ini dilakukan agar anak dapat segera pulih dan kondisi tidak semakin memburuk.

2. Jangan paksa anak untuk makan

Ketika mengalami sariawan anak sering kali merasa malas untuk makan dan hal ini akan membuat orang tua semakin panik. Namun, hal ini terkesan sangat wajar terjadi pada anak karena rasa sakit yang dirasakannya. Untuk itu, orang tua disarankan agar tidak terlalu memaksa Ketika memberikan makan. 

3. Perhatikan suhu tubuhnya

Ketika anak mengalami sariawan pastikan Anda telah melakukan pengecekan pada suhu tubuhnya. Hal ini dilakukan karena sakit sariawan identik dengan panas dalam dan dapat menyebabkan penyakit berlanjut pada anak. Jika suhu tubuh mulai tinggi berikanlah paracetamol atau hubungi dokter.

Makanan Apa yang Baik Untuk Dikonsumsi?

1. Berikan makanan yang mengandung Vit B3

Salah satu solusi penting yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sariawan pada anak adalah memberikan makanan kaya akan vitamin B3. Vit B3 ini bisa ditemukan pada makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, telur ayam, dan daging. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi sariawan cobalah untuk melihatnya melalui link ini.

2. Buah dan sayur

Solusi yang kedua adalah memberikan anak makanan buah dan sayur. Hal ini dilakukan agar asupan vitamin C dan Mineralnya selalu terjaga untuk memulihkan kondisi pada anak. Buah-buahan seperti tomat, mangga, pepaya, dan sayuran lain bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan anak. Carilah asupan buah dan sayur yang gampang untuk ditelan. 

3. Jangan berikan banyak gula

Salah satu pantangan bagi anak yang sedang mengalami sariawan adalah mengkonsumsi terlalu banyak gula. Jika anak diberikan gula berlebih maka kandungannya akan berubah menjadi cairan asam di mulut dan memberikan dampak buruk bagi Kesehatan serta sariawannya. 

4. Menghindari terlalu banyak garam

Ketika Anak mengalami sariawan pastikan tidak terlalu banyak diberikan makanan yang mengandung garam. Tentu garam akan memperparah iritasi pada sariawan dan membuat kondisi anak semakin menurun. Alangkah baiknya jika Anda memasak makanan untuk anak sendiri dirumah agar dapat mengatur komposisinya. 

5. Atur gizi dan rasa

Ketika anak sedang sariawan, usahakan jika gizi pada makanan dikontrol dengan baik. Setiap anak yang mengalami sariawan membutuhkan beberapa zat gizi tertentu untuk membantu proses pemulihannya. 

Meningkatkan rasa ingin makan pada anak memang tidak mudah meskipun ada banyak cara yang tersebar. Sariwan memang bukanlah penyakit biasa yang bisa dianggap remeh pada anak, rasa sakitnya sering kali mengganggu nafsu makan dan rasa sakitnya. Untuk itu, mengatasi dengan cara tepat seperti diatas dengan meningkatkan nafsu makannya akan menjadi solusi yang baik.